Menkes Puji Klaten Sebagai Daerah dengan Kecukupan ASI Tertinggi di Indonesia

Jakarta, Kampanye pemberian ASI Eksklusif di Indonesia masih terus digenjot. Pemerintah pusat dan daerah mengupayakan agar para ibu dapat menyusui bayinya selama minimal 6 bulan. Salah satu daerah yang dinilai berhasil adalah Klaten.

Secara nasional, cakupan pemberian ASI Eksklusif di Indonesia masih rendah. Data Susenas 2010 menunjukkan bahwa baru 33,6% bayi di Indonesia yang mendapat ASI Eksklusif. Artinya, masih ada sekitar 2/3 bayi di Indonesia yang kurang beruntung.

Di tengah rendahnya kecukupan ASI ini, kabupaten Klaten di Jawa Tengah memberikan angin segar. Lewat penerapan Peraturan Daerah dan peningkatan kapasitas petugas kesehatan, kabupaten Klaten berhasil meraih angka kecukupan ASI Eksklusif tertinggi se-Indonesia.

“Kabupaten Klaten merupakan salah satu contoh nyata komitmen pemerintah daerah yang kuat untuk mensukseskan program ASI Eksklusif. Cakupan ASI Eksklusif di Kabupaten Klaten meningkat dari 24% pada tahun 2007 menjadi 76% pada tahun 2011,” kata Menteri Kesehatan RI, Nafsiah Mboi dalam acara pembukaan Pekan ASI Sedunia 2012 di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (19/9/2012).

Menkes juga mengungkapkan apresiasinya terhadap daerah yang telah mencoba menyusun regulasi daerah tentang ASI. Misalnya adalah Provinsi Sulawesi Selatan, NTB dan Jawa Barat.

Menyoroti masih rendahnya angka kecukupan ASI di Indonesia, Menkes juga menegaskan bahwa masalah ini merupakan masalah gender. Kewajiban memberikan ASI seringkali kurang mendapat dukungan dari pihak suami. Para istri juga ada yang takut payudaranya akan ‘turun’ karena menyusui bayinya.

“Kami melihat bapak-bapak kurang mau terlibat dalam pemberian ASI kepada anaknya, pokoknya itu adalah masalah perempuan. Oleh karena itu, suami juga perlu dilibatkan dalam promosi ASI eksklusif ini,” kata Menkes.

Dalam kesempatan yang sama, Menkes juga memberikan apressiasi kepada perusahaan yang mendapat penghargaan ‘Manggala Karya Bakti Husada’ sebagai perusahaan dan instansi pemerintah yang melaksanakan Program Kesehatan Reproduksi dan ASI di tempat kerja. Perusahaan tersebut adalah PT. Yuppi dan PT. Pertamina (Persero) dan PT. Adis Dymention Footwear.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: